Evolusi Perbankan - Digitalisasi Bank

Evolusi Perbankan saat ini memang sudah sangat menjamur, namun bagi para Bankir (orang orang yang bekerja di Perbankan) ini bukan lagi informasi baru, karena beberapa tahun yang lampau, Bank Indonesia pernah mengkampanyekan "Branchless Banking" yaitu perbankan tanpa menggunakan kantor Cabang
Jadi maksud dari kalimat ini adalah Bank didorong untuk mulai membiasakan diri untuk mengembangkan Bisnis nya tanpa mempunyai banyak kantor cabang, yang artinya juga bahwa Bank harus mulai men-digitalisasi dirinya.

Lalu apa kira kira faktor yang mendorong hal ini ?

Ada beberapa hal, namun yang paling mencolok dan utama adalah perkembangan zaman yang semakin mengarah ke Revolusi Tehnologi yakni Digitalisasi. 
Nah.., saat ini kita sudah mulai melihat banyak contoh nyata di hadapan kita, seperti halnya Pembukaan Rekening, yang dulunya wajib di Kantor Cabang dan di hadapan Customer Service atau Customer Service Teller (CST) kini sudah bisa dilakukan hanya melalui Internet (Browser ataupun aplikasi), dan hal ini terjadi bukan hanya di satu Bank saja, namun sudah banyak Bank yang melakukan hal ini.

Pioneer atau pelopor Bank Digital ini jika boleh kita sebut adalah Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) dengan Produk Jenius nya.

Jika sahabat Infokreditbank lebih aware lagi, sebenarnya sebelum jenius muncul juga sudah mulai ada produk digital sejenis, seperti Sakuku (BCA), Rekening Ponsel (CIMB NIAGA) dan mungkin ada yang lain yang luput dari perhatian penulis.

Lalu apa dampak yang ditimbulkan dari hal ini ?

  • Di sisi Bank, Bank harus mampu beradaptasi sedemikian rupa, mulai dari proses KYC (Know Your Customer) hingga proses verifikasi data jika terkait dengan Produk Pinjaman
  • Di sisi Nasabah, Nasabah juga di tuntut untuk melek tehnologi, karena jika kita nasabah tidak mampu juga beradaptasi, maka secara otomatis kita bisa kehilangan hak kita untuk mendapatkan pelayanan dari Bank
Berikut point point yang sahabat Infokreditbank harus bisa sesuaikan, 
  1. Peralatan yang mendukung, karena aplikasi atau situs web yang mendukung untuk pelayanan dari Bank tersebut biasanya memiliki standar tertentu
  2. Kemampuan menggunakan Handphone atau Komputer (PC / Laptop)
  3. Keamanan Peralatan yang digunakan juga harus diperhatikan agar tidak mudah di bobol oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
Jadi.., selain Bank yang melakukan Evolusi, kita sebagai nasabah juga diwajibkan mengikuti Evolusi yang terjadi agar tidak tertinggal di era modernisasi dan Digitalisasi seperti saat ini.

1 comment: