Kenapa Pengajuan Kredit saya Lama ???

Sering kita dengar orang-orang berkata "Kok lama ya, udah 2 bulan, ga juga cair pinjaman ku di bank itu." Hal ini merupakan suatu hal yang dapat dikatakan lumrah namun tidak baik bagi reputasi bank tersebut, karena jika hal ini merebak kemana-mana, bank tersebut akan memiliki reputasi yang buruk, sehingga orang akan mulai enggan untuk berbisnis dengan bank tersebut.

Apa kira - kira penyebab pengajuan pinjaman bisa berlangsung lama?

Beberapa hal yang mempengaruhi lama waktu pengajuan pinjaman adalah :
1. Jumlah pengajuan pinjaman (Besar Pinjaman, Jangka waktu dan Bunga)
2. Kantor cabang tempat pengajuan kredit
Dan masih ada beberapa hal lain yang mungkin berpengaruh namun tidak sebesar 2 hal yang akan dibahas berikut ini, yakni 2 hal diatas.


1. Jumlah pengajuan pinjaman

Hal ini dapat menjadi penyebab lambannya proses persetujuan kredit, dikarenakan jika kita masuk kedalam internal Bank, disana terdapat suatu singkatan yakni BMPK (Batas Memberikan Persetujuan Kredit) atau sama juga dengan singkatan BWMK (Batas Wewenang Memutus Kredit).

BMPK ataupun BWMK tersebut adalah batas maksimal seorang pemimpin cabang untuk memberikan persetujuan, jika jumlah pinjaman, atau jangka waktu dan bunga yang diajukan melewati wewenang cabang tersebut, maka proses kredit akan meningkat ke cabang yang lebih tinggi memiliki batas persetujuannya, proses pengiriman, review dicabang yang lebih tinggi tersebut dan persetujuan pemilik batas tersebut yang akan menambah lama waktu, terlebih lagi jika dinaikkan lagi kepada pemiliki BWMK yang lebih tinggi.

2. Kantor cabang tempat pengajuan kredit

Kantor cabang tempat pengajuan, masih terkait dengan BWMK seperti  yang kita bahas sebelumnya, sehingga jika ada rencana untuk mengajukan pinjaman dengan jumlah lebih tinggi dan bunga yang lebih rendah atau "Special" daripada bunga standardnya, maka sebaiknya langsung diajukan ke cabang yang lebih tinggi (akan dibahas pada tulisan berikutnya).

Selain daripada kedua hal tersebut, ada hal yang cukup tekhnis dan tidak terkait dengan bank ybs, namun cukup sering terjadi, diantaranya :
1. Marketing ybs tidak juga melakukan rangkaian proses persetujuan
2. Pengajuan sudah ditolak namun marketing ybs enggan memberitahukannya kepada calon debitur.
3. Ada kekurangan berkas pengajuan yang tidak kunjung diberitahukan marketing kepada calon debitur.

Semoga dapat menambah pengetahuan kita bersama mengenai pengajuan kredit

-Dari berbagai sumber..

No comments:

Post a Comment